𝑩𝒓𝒆𝒂𝒌𝒊𝒏𝒈 𝑵𝒆𝒘𝒔 𝑫𝒊 𝒘𝒘𝒘.𝒌𝒍𝒌𝒕𝒂𝒏𝒈𝒔𝒆𝒍𝒍.𝒃𝒊𝒛.𝒊𝒅 𝑴𝒆𝒎𝒃𝒆𝒓𝒊𝒌𝒂𝒏 𝑰𝒏𝒇𝒐𝒓𝒎𝒂𝒔𝒊 𝑱𝒂𝒔𝒂 𝑷𝒂𝒔𝒂𝒏𝒈 𝑰𝒌𝒍𝒂𝒏 𝒅𝒊 𝑾𝒆𝒃𝒔𝒊𝒕𝒆 𝒌𝒍𝒊𝒌𝒕𝒂𝒏𝒈𝒔𝒆𝒍𝒍 𝑺𝒆𝒈𝒆𝒓𝒂 𝑯𝒖𝒃𝒖𝒏𝒈𝒊 𝑨𝒅𝒎𝒊𝒏 𝒅𝒊 𝑵𝒐𝒎𝒐𝒓 085776058772 𝑴𝒖𝒓𝒂𝒉 𝑫𝒂𝒏 𝑻𝒆𝒓𝒋𝒂𝒏𝒈𝒌𝒂𝒖 |&𝒏𝒃𝒔𝒑;&𝒏𝒃𝒔𝒑;&𝒏𝒃𝒔𝒑; •𝑩𝒆𝒓𝒊𝒕𝒂 𝑻𝒆𝒓𝒃𝒂𝒓𝒖 𝒅𝒊 𝑲𝒍𝒊𝒌𝒕𝒂𝒏𝒈𝒔𝒆𝒍𝒍 𝑴𝒆𝒎𝒃𝒆𝒓𝒊𝒌𝒂𝒏 𝑰𝒏𝒇𝒐𝒓𝒎𝒂𝒔𝒊 𝑻𝒆𝒓𝒂𝒌𝒕𝒖𝒂𝒍 𝒕𝒂𝒋𝒂𝒎 𝒅𝒂𝒏 𝑩𝒆𝒓𝒊𝒎𝒃𝒂𝒏𝒈|&𝒏𝒃𝒔𝒑;&𝒏𝒃𝒔𝒑;&𝒏𝒃𝒔𝒑; • 𝑱𝑳. 𝑺𝒚𝒆𝒌𝒉 𝑵𝒂𝒘𝒂𝒘𝒊 𝒂𝒍-𝑩𝒂𝒏𝒕𝒂𝒏𝒊 𝑵𝒐 03 𝑲𝒆𝒄𝒂𝒎𝒂𝒕𝒂𝒏 𝑮𝒖𝒏𝒖𝒏𝒈 𝑲𝒂𝒍𝒆𝒓 𝑲𝒂𝒃𝒖𝒑𝒂𝒕𝒆𝒏 𝑻𝒂𝒏𝒈𝒆𝒓𝒂𝒏𝒈 -𝑩𝒂𝒏𝒕𝒆𝒏 |   

Iklan


 

BPSK KARAWANG BERSAMA BPKN- RI Gelar Konsultasi Teknis. Bahas Penyelesaian Sengketa Konsumen

Muhamad Santang
Jumat, 13 Desember 2024
Last Updated 2024-12-14T05:28:33Z
Premium By Raushan Design With Shroff Templates
masukkan script iklan disini





 KARAWANG - Kliktangsel - Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kabupaten Karawang menggelar Forum Konsultasi Teknis Penanganan dan Penyelesaian Sengketa Konsumen di Gedung Pemda Husni Hamid Karawang Jumat 13 Desember 2024."


Acara ini dihadiri oleh Ketua Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) Dr. M. Mufti Mubarok, Ketua BPSK Karawang Heri Suryana, S.Pd., M.Pd., Wakil Ketua BPSK Karawang Wawan Gunawan, SH., MH., dan Kepala Sekretariat BPSK Karawang Endang Sutisna, SH.  


Forum ini juga melibatkan kehadiran anggota Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat (LPKSM), serta peserta dari berbagai elemen masyarakat.  


Dalam sambutannya, Ketua BPKN, Dr. M. Mufti Mubarok, menyampaikan apresiasi kepada BPSK Karawang atas kinerjanya yang dinilai unggul secara nasional. Kabupaten Karawang tercatat sebagai daerah dengan indeks konsumen di level "kritis" atau setara dengan Jepang. Tingkat ini menunjukkan keberdayaan konsumen yang berani memperjuangkan haknya saat dirugikan.  


"Indeks konsumen Indonesia rata-rata baru mencapai level 'cerdas' dengan skor 60, sementara Karawang sudah mencapai skor 69. Ini adalah bukti bahwa masyarakat Karawang tidak hanya cerdas, tetapi juga kritis dan berani mengajukan gugatan ketika dirugikan," ujar Mufti Mubarok.  



Wakil Ketua BPSK Karawang, Wawan Gunawan, SH., MH., saat diwawancarai media mengatakan, BPSK Karawang telah menangani 123 perkara konsumen sepanjang 2023 hingga 2024 melalui Sistem Informasi Perlindungan Konsumen (SIPK). Sebagian besar kasus yang dilaporkan melibatkan sektor jasa keuangan non-bank, seperti leasing, koperasi abal-abal, dan pinjaman online.  


"Tahun 2023, kasus terbanyak berasal dari sektor jasa keuangan non-bank. Namun, di tahun 2024, pinjaman online dan marketplace mendominasi laporan yang masuk," jelas Wawan pada Jumat (13/12/2024). 


Dari total sengketa yang ditangani BPSK Karawang, 73 kasus berkaitan dengan pinjaman online. Wawan menjelaskan bahwa sebagian besar aduan berasal dari pinjaman ilegal dengan alamat yang tidak valid, sehingga pelaku sering tidak menghadiri proses mediasi.  


"Pinjaman ilegal menjadi masalah utama. Namun, penyedia pinjaman legal lebih kooperatif dan hadir untuk menyelesaikan masalah melalui mediasi," ungkap Wawan.  


BPSK Karawang memanfaatkan aplikasi "Superman" (Sistem Informasi Perlindungan Konsumen) untuk memfasilitasi pengaduan dan proses penyelesaian sengketa. Aplikasi ini memberikan akses yang mudah bagi masyarakat sekaligus membantu pemantauan data kasus secara terintegrasi.  


Peringkat Nasional untuk BPSK Karawang

Atas kinerjanya, BPSK Karawang dinobatkan sebagai lembaga penyelesaian sengketa konsumen terbaik di Indonesia. 


"Ini adalah apresiasi besar untuk masyarakat Karawang yang kritis, teliti, dan berdaya dalam melindungi hak-haknya," tutup Wawan.  


Forum ini menjadi wadah penting untuk meningkatkan pemahaman tata cara pengaduan konsumen dan strategi penyelesaian sengketa di daerah, sekaligus mengukuhkan peran Karawang sebagai pionir dalam perlindungan konsumen.



Red

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl

Ads

Banner